TUJUAN AWAL PEMASANGAN GORDEN, TIRAI, ATAU HORDENG DI RUMAH

Tidak bisa dipungkiri bahwa kini kain penutup yang biasa disebut gorden, tirai, atau hordeng sudah menjadi kebutuhan vital untuk rumah. Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk memiliki gorden, produsen dan penjual gorden pun semakin memanjakan Anda dengan menawarkan beraneka ragam bentuk, model, dan bahan dari mulai yang kasar, halus, sampai lembut, serta ukuran dari yang kecil, sedang, sampai besar. Bahkan kini seiring berkembangnya teknologi di industri tekstil, Anda dapat menyesuaikan gorden sesuai kebutuhan seperti bahan yang mudah dibersihkan, bahan yang meredam suara dari luar ruangan, bahan yang kuat dan tahan api, bahan yang tahan terhadap sinar UV, bahan yang retensi terhadap minyak dan debu, bahan yang anti air, dan lain sebagainya.

Gorden yang awalnya hanya berfungsi sebagai kain penutup, penghalang masuknya sinar matahari yang menyengat atau pengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan, dan pelindung ruangan dari debu, serangga, dan kotoran, kini dapat menambah estetika ruangan sehingga ruangan di rumah menjadi lebih bergaya manis, natural, atau elegan. Sebelum Anda memutuskan membeli gorden untuk rumah, apartemen, atau ruang kerja Anda, sebaiknya Anda terlebih dahulu menentukan tujuan awal Anda memasang gorden. Tujuan awal pemasangan gorden terbagi menjadi dua, apakah gorden untuk gaya atau gorden untuk privasi.

Gorden untuk gaya biasanya digunakan untuk menambah keindahan rumah. Biasanya yang dipilih adalah gorden dengan bahan yang lebih tipis dan warna solid yang aksen warnanya disesuaikan dengan warna tembok ruangan. Selain warna, motif tembok atau wallpaper ruangan juga bisa menjadi pertimbangan motif atau corak kain gorden yang Anda pilih. Sebenarnya gorden atau tirai yang terbuat dari kain tipis tidaklah terlalu berguna untuk menahan cahaya, tetapi karena tujuan utamanya hanya untuk menambah gaya ruangan, seringkali ini tidak menjadi masalah.

Berbeda dengan gorden untuk gaya, gorden untuk privasi biasanya digunakan untuk menutupi pemandangan di dalam ruang kamar, kantor, ruang ganti pakaian, dll. Biasanya yang dipilih adalah gorden dengan bahan yang lebih tebal dengan warna buram yang tidak tembus pandang. Gorden untuk privasi dipilih yang sebisa mungkin menghalangi cahaya masuk ke ruangan dan pandangan orang dari luar ke dalam ruangan. Gorden yang digunakan pada kamar tidur biasanya juga dipasang dengan tujuan untuk privasi di malam hari dan agar penghuninya lebih mudah terlelap tidur.

Sebenarnya ada pula tujuan pemasangan gorden lainnya yang berbeda dari dua tujuan di atas, yaitu gorden untuk solusi menghemat listrik. Manfaat ini bisa diperoleh dengan membuka gorden pada siang hari untuk membiarkan cahaya masuk sehingga penghuni ruangan tidak perlu menyalakan lampu, dan pada malam harinya baru menggunakan lampu. Kebiasaan ini akan berpengaruh pada pengurangan nominal pengeluaran tagihan listrik bulanan Anda.

Jadi apa tujuan awal pemasangan gorden di rumah Anda? sekadar untuk gaya ataukah privasi? Apapun tujuannya, Anda bisa leluasa berdiskusi dengan kami untuk mendapatkan gorden impian 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *